Search This Blog

Wednesday, January 6, 2016

Info Transportasi Lokal dan Penginapan di Belitung

Rangkaian Solo Traveling ke Belitung


Seneng ternyata tanggapan tulisan tentang Solo Traveling saya ke Belitong positif. Semenjak itu banyak yang kontak saya langsung buat nanya-nanya info di Belitong. Berhubung banyak yang ngimel and ngejapri saya soal Solo traveling ini, khususnya penginapan dan transportasi, saya share aja iten saya:

Waktu itu saya mendarat di Bandara Hanandjoeddin sekitar pukul 13.00 WIB. Dari Bandara saya naik taksi ke penginapan Surya. Rate taksi antara Rp. 40.000 -  Rp. 50.000 per orangnya. Sangat disarankan naik taksi, karena tidak ada kendaraan umum dari Bandara menuju Pusat Kota Tanjung Pandan. Kalaupun ada, sangat jarang sehingga anda bisa membuang banyak waktu untuk menunggu angkutan umum tersebut.

Hari pertama saya wisata kuliner di sekitaran Tanjung Pandan, lalu menikmati sunset di Pantai Tanjung Pendam.

Hari kedua saya ke Belitung Timur (SD Muhammadiyah Gantong, Museum kata Andrea Hirata, Rumah Ahok, Pantai Nyiur Melambai, Bukit Samak, Vihara Dewi Kwan Im, dan mencicipi kopi manggar).
Hari ketiga saya keliling pantai di Tanjung Pandan, Pantai Batu Berahu, Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, dan terakhir ke Tanjung Batu.

Hari keempat saya nongkrong di kedai Kopi Atet di Gang Kim Ting, Belanja oleh-oleh di Pasar Tanjung Pandan, Danau Kaolin, terus langsung cus ke Bandara.

Sebagai rekomendasi,
Ini nomor kontaknya Pak Hasmin Ojek : 085924945008. InsyaAllah bapaknya helpful banget. Untuk membantu, ini foto Pak Hasmin :


Tarif sewa ojek berdasarkan kesepakatan sama Pak Hasmin aja ya...tapi yakin deh, nggak mahal kok. Worth it banget. Bapaknya ramah dan hafal banget jalan di Belitung.

Kalau anda datang dengan grup, pengen jalan-jalan pakai motor tapi takut nggak tahu jalan, Pak Hasmin bisa jadi pemandunya. Sewa motor biasanya kisaran 70 ribu per hari. Bisa pesen di penginapan Surya di Jalan Depati Endek (0719) 21550. Atau bisa kontak pak Hasmin juga biar harga sewa motornya lebih miring.

Kalo mau sewa mobil bisa juga kontak anaknya pak Hasmin, namanya Firdaus 082176375624. Tarif kisaran 500 ribu/hari. Sudah termasuk bensin, tapi belum sama tips supir. Coba tanya harga terbarunya ya.

Bisa juga kontak Mas Ari, guide dari Tige Sekawan Travel. Jadi harus hubungin tige sekawan travel: 081949518755. Kalo Mas Arinya 085959644733.Tarif sewa mobil/hari 550 ribu/hari. 

Penginapan banyak, tapi saat itu saya 3 malam menginap di penginapan Surya. Nomor kontaknya sudah saya sebutkan diatas, dan harga kamar per malamnya Rp. 120ribuan. Ada yang lebih murah, tergantung fasilitas kamarnya. Meskipun sudah saya review di postingan sebelumnya, anda bisa lihat foto kamarnya kurang lebih seperti ini:


Untuk kembali ke Bandara, saya diantar Pak Hasmin. Tapi kalau anda mau naik taksi, kisarannya Rp. 70.000 per orang.

Selamat jalan-jalan para travelers, semoga info dari saya membantu.


Salam travelers,
Arum

2 comments:

  1. Hi Arum, tulisannya bermanfaat bgt :) thanks for sharing. Aku insyaAllah besok keliling Tj Pandan dibantu Pak Hasmin. :)

    ReplyDelete