Search This Blog

Friday, July 12, 2013

Packing vs Syaraf kejepit



Males banget packing.

Padahal dapet penerbangan pagi, dan belum ngapa-ngapain. Belum nyetrika, pakaian kotor bekas pergi kemarin numpuk belum dicuci, kamar amburadul kayak kapal pecah, dan banyak oleh-oleh yang belum di pack (kemaren dari Kupang saya langsung terbang ke Bandung, jadinya oleh-oleh buat mama dan bapak masih nangkring di koper saya. Belum dikeluarin).

Tapi...saya capek banget hari ini. Dua hari lalu baru mendarat dari Kupang saya langsung ke kampus, membimbing mahasiswa yang mau ngajuin proposal bisnis. Dua hari berturut-turut pula. Jadilah malam ini saya hanya menatap sekeliling kamar, garuk-garuk kepala, dan...tidur! *mencoba lari dari masalah. Berharap ntar malem mimpi ketemu Nicholas Saputra ^_^

Bangun jam setengah empat pagi, bersujud pada Yang Maha Kuasa, terus goreng-goreng Se’i buat makan sahur. Makan sambil ngopi dan nonton tv, sambil otak berjalan, mana yang harus saya kerjain duluan. Setelah menelan beberapa suap nasi, dan setengah cangkir kopi, baru deh saya bisa mikir. Hal pertama yang saya lakukan setelah makan sahur adalah nyetrika. Setelah itu shalat shubuh, ngaji, beres-beres kamar, nyuci piring, mandi, dandan, terus meluncur ke Bandara Husein.
Multitasking banget kannn???

Salah satu risiko kerjaan saya yang nomaden adalah packing, packing, and packing again. Udah kayak anak kucing, kerjaannya pindahan dan bawa-bawa koper. Gitu kata mama saya. Lain halnya dengan yang sahabat saya katakan, saya adalah kutu loncat. Kalau lagi dicariin kerjaannya loncat melulu kayak kutu. Baru bilang ada di tempat A tadi pagi, nanti siang sudah bilang ada di tempat B. Baru bilang yes ketemuan tadi malem, tahu-tahu pagi hari bilang mau ke Bandara.

Hmm...sorry guys...maklum, orang penting (dan narsis tentunyaa...)

Anyway,  masih soal packing, dulu awal-awal saya traveling saya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk packing. Ya. Dua jam! Karena saya masukin baju, terus udah masuk koper ternyata terlalu berat. Akhirnya disortir lagi. masih terlalu berat. Sortir lagi. itu yang bikin lama.

Setelah memasuki tahun keempat saya bekerja, maka waktu packing yang awalnya dua jam, sekarang hanya lima menit saja. Ya, lima menit sudah termasuk nyetrika kerudung satu lembar. Pernah suatu kali saya mau terbang ke Makassar, terus sohib saya nginep di kosan. Dia tercengang sendiri melihat saya packing. Gila! Kilat banget! cetusnya. Terus lagi, koper saya yang awalnya ukuran jumbo, sekarang berubah jadi koper kecil. Atau travel bag kecil. Atau bahkan, saya hanya bawa satu tas ransel. Itu sudah termasuk laptop, aneka gadget, dan kabel-kabel lainnya. Walhasil, tas saya selalu berat. Suatu saat saya ke hotel Century Atlet, Jakarta. Sebelum masuk ransel saya kan diperiksa tuh, ehh...satpamnya hampir nggak kuat ngangkat. Dia bilang, “Mbak, ini isi apa? Berat banget. Nggak sesuai sama perawakan yang bawa.” Gitu katanya. hihihi....saya cuma nyengir kuda. Pas saya keluar hotel, pak Satpam yang tadi bilang, “Mbak, kalau bawa barang jangan berat-berat ya, nanti tambah kecil lho badannya.” Saya ketawa aja. Bodo ah. Daripada bawa aneka tas, lebih baik dijadikan satu. 

Hanya saja, gara-gara keseringan bawa beban berat gini, saya pernah kena penyakit. Syaraf terjepit. Sudah masuk ke dalam daging tuh syaraf saya. Tepat di punggung bagian belakang. Saya ke dokter, dikasih obat untuk memperbaiki syaraf, eh...yang ada seluruh badan bentol-bentol. Gatel. Belum lagi saya harus merasakan sakitnya syaraf yang terjepit. Luar biasa sakitnya. Darah nggak bisa mengalir sempurna. Sampai-sampai kalau darahnya lagi ngalir terasa lho sama saya. Mendorong-dorong, seolah berebut ngalir tapi bottle neck di yang syaraf yang terjepit itu. Efeknya, urat saya kelihatan banget, bengkak. Membiru seluruh badan. Ditengah sakit seperti itu, saya masih harus terbang keliling Indonesia untuk bertugas. MasyaAllah...sesuatu banget rasanya. Menurut Dokter, opsinya hanya tiga. Berobat ke dokter dengan konsekuensi minum obat selama dua tahun (padahal saya alergi obat syaraf), dioperasi, atau diterapi.

Dan...saya memilih untuk diterapi, alias diurut. Saya kembali ke pengobatan tradisional. Diurut. Ya, saya balik ke Bandung, dan ketemu sama ibu yang bisa ngurut. Ibu ini sudah "berprestasi" menyembuhkan aneka kasus urat terjepit sampai patah tulang. Saya diterapi selama tiga bulan penuh. Terapi pertama, rasanya haduuhh...jangan dibayangiin deh. Panas dingin. Sakitnyaaa nggak nahan. Saya sampe nangis waktu itu. Terapi dilangsungkan selama satu jam setiap pertemuan. Awalnya tiga hari sekali, kemudian seminggu sekali, seminggu dua kali, sampai akhirnya sebulan sekali. Ibu itu juga nyuruh saya buat membalurkan air jahe ke seluruh badan, supaya urat dan syaraf yang terjepit bisa keluar. Saya lakukan itu. Wuah...panas. Sudah panas urat, panas kulit pula. 

Tiga bulan kemudian, saya nggak merasakan panasnya badan saya saat merasakan darah yang tersendat. Semua kembali lancar. Saya bisa beraktifitas tanpa beban, dan perlahan, urat saya yang membiru pun nggak terlihat lagi. Ringan...banget. Demi menjaganya, untuk enam bulan saya nggak bawa yang berat-berat. Travel bag dan ransel saya pisahkan. Saya ganti dengan koper. Nggak ada lagi tentengan barang. Kalau di Bandara, meskipun saya bawa koper, saya tetap gunakan troli. Pokoknya saya sayang banget sama punggung ini. Masa-masa pemulihan berlangsung hampir satu tahun. Dan selama satu tahun itu, saya rajin terapi. Kalau sekarang sih sudah kembali seperti biasa, tapi saya lebih berhati-hati saja. Terutama kalau ngangkat koper/travel bag ke atas kabin pesawat.

No comments:

Post a Comment