Search This Blog

Wednesday, August 12, 2015

Bercengkrama dengan ombak di Pantai Mawun


Pantai Mawun terletak di Lombok tengah, Pulau Lombok. Pantai ini memang jauh dari jajaran pantai yang biasa dikunjungi wisatawan yang bertandang ke Lombok. Maka dari itu, keindahannya juga masih gress. 

Garis pantainya panjang membentang, dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang. Air lautnya berwarna emerald, efek dari terumbu karang di taman bawah lautnya. Anyway...saya nemu foto candid and selfie yang kece disini. Jepretannya Bang Je, sahabat IDC yang emang tugasnya jepret-jepret sambil ngadem dibawah pohon rindang.



Jika dibandingkan dengan pantai yang saya kunjungi sebelumnya, mungkin pantai ini paling ramai dikunjungi oleh wisatawan setempat. Pantai Mawun yang memiliki ombak yang ramah dan air laut yang bersih tentunya mengundang para pelancong untuk berenang atau sekedar bermain air. Tapi sayangnya, saat saya berkunjung kesana fasilitas umumnya benar-benar buruk. Bahkan bisa dikatakan tidak layak. Tempat bilasnya sangat memprihatinkan. Bersatu dengan Toilet yang tidak terawat, itupun hanya ada satu untuk wanita, dan satu untuk pria. Mushalla juga kotor sekali. 

Belum lagi pedagang yang tidak rapi. sampah pun banyak terserak dimana-mana. Mengotori pasir putih yang indah. Duh sayaaang banget rasanya.

Saya pikir ini perlu jadi Pekerjaan Rumah Pemda setempat untuk dapat melengkapi fasilitas umum di Pantai Mawun. Sungguh sangat disayangkan jika potensi wisata sebesar ini disia-siakan begitu saja. Jangan sampai pantai Mawun kelak jadi seperti Tanjung Beloam yang dikuasai oleh sebuah resort, atau pantai Senggigi yang habis ditutup hotel-hotel yang dimiliki oleh Investor berkantong tebal. Ujungnya, wisatawan domestik nggak bisa bebas menikmati pantai indah di negeri sendiri kalau nggak menginap di hotel-hotel dengan harga selangit itu.

No comments:

Post a Comment