Search This Blog

Sunday, July 20, 2014

Tanjung Beloam, Mutiara dari Lombok Timur




5 Hari Trip Keliling Pulau Lombok & Bali
Masih di kawasan Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru, ada lagi Pantai Tanjung Beloam. Tak jauh dari Pantai Pink. Kalau di Pantai Pink saya terpesona dengan warna pasirnya, di Pantai Tanjung Beloam saya langsung terkesima karena saya terpesona dengan semuanya. Meskipun garis pantainya tak terlalu luas, tapi panoramanya luar biasa. Pasirnya putih bersih dan sangat halus. Air lautnya bergradasi dari mulai buih putih, bening, hijau tosca, mint, aqua, biru muda, hingga biru tua yang pekat. Langitnya biru bersih, dengan udara segar tanpa polusi. Ombaknya bergulung tinggi, seolah memamerkan kekuatannya. Namun jangan khawatir, tebing-tebing di sekitarnya memeluk pantai dengan gagahnya. Memberikan ketenangan pada ombak hingga ketika sampai di bibir pantai, yang tersisa adalah kelembutannya. 

Landscape Tanjung Beloam
Gradasi cantik air laut dan pasir putih
Tak ada kata lain selain Subhanallah...

Sepanjang saya berjalan menyusuri pantai-pantai di Indonesia, saya berani mengatakan kalau pantai ini menempati urutan Nomor 1 buat saya. Keindahannya mengalahkan Pantai Parai Tenggiri di Bangka. Uniknya, pantai ini letaknya sangat tersembunyi. Bersembunyi jauh di dalam hutan, membuat kita merasa seperti berada di “The Lost World”
Tebing Tanjung Beloam dari pinggiran pantai
Jangan salah paham ya, itu baju saya ketiup angin
Sulit mengatakan keindahannya dengan kata-kata, karena takkan pernah cukup menggambarkannya. Buat anda yang berkunjung ke Lombok Timur, pantang bagi anda untuk melewatkan Pantai Tanjung Beloam. Selain letaknya yang satu arah dengan Pantai Tangsi dan Tanjung Ringgit, Tanjung Beloam sungguhlah indah. Pasti akan membuat anda susah lupa. Saking bagusnya, temen saya Danu sampai jualan donat disitu :D

Danu jualan donat di Tanjung Beloam
Bersembunyi di balik Tebing
Selca...:D
Satu hal yang agak annoying, disini kita harus melewati dan “minta izin” pemilik resort Jeeva Beloam karena Pantai Tanjung Beloam “katanya” masuk dalam wilayahnya. Kita juga nggak bisa bebas disitu karena yang diutamakan adalah tamu resort. Saya agak nggak setuju dengan pola ini. Pantai itu milik umum, tapi mereka mengklaim bahwa itu bagian dari resort. Hmm...nampaknya Dinas Pariwisata Lombok harus bertindak tegas nihh. Kalau begini caranya dan nggak ada aturan yang tegas, bukan nggak mungkin setiap pantai indah di Indonesia bisa habis diklaim sama orang yang punya duit untuk dijadikan pantai pribadi. Untungnya saat kami kesitu, Jeeva Beloam sudah memperbolehkan orang luar selain tamu resort bisa masuk. Karena sebelumnya, pantai ini sungguh-sungguh tertutup.

Anywaay...meskipun cuma sebentar disitu, tapi saya dan sahabat IDC puas banget. Tak lupa, saya selfie kaki dulu di Tanjung Beloam.
Terima Kasih Tuhan, kau izinkan aku untuk menapakkan kaki di Bumi ciptaanMu yang indah ini
Tanjung Beloam Lombok Timur, HIGHLY RECOMMENDED!

No comments:

Post a Comment