Search This Blog

Monday, July 21, 2014

Safari Ramadhan Part 2 - Masjid Agung Al-Karomah, Martapura

Masjid Agung Al-Karomah berdiri megah di tengah kota Martapura, yaitu kota yang dikenal dunia sebagai kota intan. Sesuai dengan nama kotanya, Masjid ini pun sungguh menggambarkan kemewahan intan itu sendiri. Secara interior, mungkin masjid inilah masjid dengan interior termewah dan ternyaman di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Ini pendapat pribadi lho ya...karena saya pecinta bangunan klasik a-la Eropa gitu. Dan kubah masjid ini berbentuk bawang dengan ornamen gaya Belanda dan arsitektur interior gaya Modern Eropa. Namun meski bergaya modern, empat tiang yang terbuat dari Kayu Ulin yang menjadi Saka Guru peninggalan bangunan pertama Masjid masih tegak di tengah. Tiang ini dikelilingi puluhan tiang beton yang menyebar di dalam Masjid.

Masjid Agung Al-Karomah, Martapura. (sumber: panoramic.com)
Tak hanya itu, Kota Martapura yang juga terkenal dengan Kota Santri membuat masjid ini senantiasa ramai oleh orang-orang yang ingin memakmurkan masjid. Kita juga bakal ketemu banyak orang keturunan Arab disini, karena memang penduduk Martapura banyak yang keturunan Arab.

Berpose setelah shalat maghrib dan isya di Masjid Al-Karomah Martapura
Yeni yang berusaha memeluk pilar masjid
Nggak bosen narsis di dalam masjid :D
Karena ada mitos kalau bisa berhasil memeluk pilar masjid bakal cepet naik haji, si Yeni berusaha memeluk pilar itu. Tapi apa mau dikata, pilar raksasa ini sulit sekali dipeluk. Tapi Yeni tak putus asa. Tak berhasil memeluk, maka dia ngumpet dibalik pilar dengan gaya Indiahe :D

No comments:

Post a Comment