Search This Blog

Saturday, June 29, 2013

Sit in my class

Jam 07.27. Kelas masih kosong. Baru segelintir mahasiswa yang duduk dan membuka laptopnya. Sisanya, katanya sih mau menyambut Seminar Tugas Akhir. Kenapa ya, Tugas Akhir selalu jadi momok yang mengerikan? Kalau bisa memilih, mungkin para mahasiswa nggak mau melewati apa yang dinamakan tugas akhir, skripsi, atau apapun yang sejenis.

Padahal hakikatnya, tugas akhir kan berisi seluruh materi yang telah didapatkan selama menempuh perkuliahan. Yang bikin kita. Yang tahu kita. Yang paham kita. Dosen hanya sebagai perantara. Meluruskan jika terjadi kekeliruan.

Masalah yang terjadi adalah, banyaknya media sosial, juga terbukanya sistem informasi yang tanpa batas. Hal itu bikin orang jadi malas. Dan...menunda. Nanti ah. Ya...bahan tinggal googling. Atau, jurnal tinggal download gratis. Tinggal ngetik, tinggal bikin resume, yang parah, kalau sampai bilang, tinggal mikir. Dan tinggal2 lainnya sampai akhirnya ketinggalan segala-galanya.

Pepatah mengatakan, menunda itu masalah. Dan memang menunda akan benar2 jadi masalah. Giliran sudah mepet waktunya, maka kegalauan tingkat dewa pun melanda. Sebelum hal itu terjadi, bereskanlah, pikirkanlah. Lalu, hadapi. Badai pasti berlalu, kan?

My dear yang mau sidang tugas akhir, seminar, dan yang masih sekolah, kunci dari semuanya adalah banyak membaca. Dari situ akan ada turunannya yaitu memahami. Setelahnya ada turunan lagi yaitu mengamalkan. Maka berjuanglah. Kekuatan tekad dan hati yang teguh pasti bisa kok mengalahkan semua ketakutan berikut tantangannya.

Percayalah.