Search This Blog

Tuesday, February 17, 2015

Bermandikan Bunga di Kebun Begonia Maribaya


Diantara Begonia Balinea

Pertamakalinya saya menangkap keindahan tempat ini dari instagramers. Banyak yang memajang foto dengan dikelilingi bunga warna-warni yang menarik pandangan. Menuruti rasa penasaran, akhirnya saya bersama sohib saya Fitri, menyambanginya di akhir Januari lalu. 

Suasana di Kebun Begonia Maribaya
Meskipun tergolong sering melewati rute ini, namun ternyata keberadaan Taman Bunga Begonia nyaris saja luput dari pandangan saya. Bukan karena tak indah, melainkan di sekitar daerah tersebut memang lahan pertanian dan perkebunan bunga milik masyarakat setempat. Mencari tempat indah diantara yang indah tentunya lebih sulit, karena panca indera terlanjur dibuai oleh warna-warni dan wanginya tanah tropis. 


Begonia Balinea
Arealnya tak terlalu luas, tapi tertata apik. Saking apik dan teraturnya, saya sempat mengira bunga-bunga yang tumbuh di taman ini adalah bunga plastik, dengan aneka hiasan artifisial. Namun ternyata perkiraan saya salah. Semua bunga yang tumbuh di Taman Begonia adalah bunga asli. Mekar bergerombol di ujung batangnya. Lebat sepanjang musim.

 
Bunga-bunga yang ada disini memang tak terlalu banyak ragamnya. Sesuai namanya, yang mendominasi adalah Bunga Begonia Balinea. Bunga ini mudah tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Bentuknya seperti dedaunan kecil, namun dengan warna merah yang memikat. Bunga-bunga yang biasanya tumbuh liar juga tampil menawan disini. Nampak kuat dan cantik dalam kesederhanaannya hingga menarik perhatian lebah untuk menghisap madunya.

Farm Area
Di Kebun Begonia juga terdapat persemaian bunga dan tanaman hias. Areal belakang taman bunga adalah perkebunan selada, labu, cabai, dan aneka sayuran lainnya. Meskipun areal tersebut tidak terlalu luas, namun cukup menarik untuk disambangi. 

Fitri and the Pumpkins
Untuk menuju tempat ini : Letaknya tak jauh dari Pasar Lembang. Kalau dari Masjid Agung Lembang, belok kiri ke Tangkuban Parahu, belok kanan ke pasar Lembang, dan Lurus ke Maribaya. Anda dapat mengambil jalan lurus ke arah Maribaya. Melewati tempat rekreasi D’Ranch dan Pusat Pendidikan Kepolisian, setelah itu baru Taman Begonia. Letaknya di sebelah kanan jalan. Sedangkan kalau anda sudah terlanjur belok kanan ke Pasar Lembang, ambil arah ke KPSBU (Pusat pengolahan susu murni). Lurus saja hingga ketemu Kebun Begonia di sebelah kanan Jalan. 

Kebun Begonia memberikan suasana yang membuat betah pengunjung, dan juga hasil jepretan yang sangat cantik sehingga menjadi incaran untuk lokasi foto, baik foto biasa maupun prewedding. Buat anda yang membawa kamera jenis apapun, baik itu DSLR maupun kamera pocket dan polaroid, anda bakal dikenai biaya Rp. 50.000 per kamera. Namun jika anda hanya menggunakan kamera handphone atau tablet, anda tidak dikenai charge untuk kamera. Cukup membayar tiket masuk Rp. 5000 saja.  Menarik bukan?

Highly Recommended (Point : 5/5).

No comments:

Post a Comment