Search This Blog

Wednesday, February 18, 2015

Tips & Trik Traveling buat para newbie


  1. Cari dan pilih teman perjalanan yang bener-bener cocok sama kamu. Kalaupun ada teman baru yang mau ngikut atau mau kamu ajak, cek dulu track recordnya dalam traveling. Apakah dia tepat janji apa nggak, reseh apa nggak, jujur apa nggak dan yang paling penting, satu frekuensi nggak sama kamu. Kedengarannya sepele, tapi hal ini penting banget buat menjaga psychological wellness kamu selama traveling. Kalau punya teman perjalanan yang menyenangkan, kemanapun kamu pergi, pasti bakal menyenangkan. Sesederhana apapun pemandangan yang kamu lihat, pastilah jadi pemandangan menakjubkan selama kamu punya teman perjalanan yang menyenangkan. 
  2. Booking tiket jauh-jauh hari supaya bisa dapat harga terbaik. Bookingnya bisa kolektif. Misalnya kamu yang bookingkan, terus temen-temen titip uang ke kamu. Tapi...Ada tapinya nih. Setelah tiket dicetak, segera distribusikan tiket tersebut ke masing-masing orang. Hal ini untuk menjaga siapa tahu, ada salah satu teman kamu yang pengen ngebatalin perjalanan, maka tanggung jawab atas refund tiket berada di tangan yang bersangkutan. Kamu nggak perlu ngurusin tiket orang apalagi nanggung risikonya. Hal ini juga melatih tanggung jawab personal masing-masing. 
  3. Cari penginapan yang manusiawi dan berada di daerah yang aman. Baik aman dalam hal sekuritas, maupun aman dari perilaku asusila. Penginapan jenis ini biasanya selalu penuh. Kalau budget kamu benar-benar terbatas, berarti kamu harus siap pesan dari jauh-jauh hari, atau rela menghabiskan waktu berselancar di internet untuk survey penginapan. Lihat satu-persatu harganya, fasilitasnya, aksesnya (mudah mendapatkan transportasi umum, gampang cari makan, dan jaraknya terjangkau dari tempat-tempat yang mau kamu kunjungi). Tak lupa, cek dan ricek review orang-orang yang pernah menginap disitu. Jangan lihat review dari iklan atau website resminya. Saran saya, berselancarlah ke blog pribadi orang yang memberikan review. Biasanya review dari blog pribadi para travel blogger adalah pengalaman pribadi orang yang bersangkutan saat menginap. Berikut harga dan budget yang dikeluarkan selama perjalanan. Dan yang pasti, tidak disertai embel-embel promosi berbayar mengenai hotel/tempat penginapan yang direviewnya.
  4. Jaga kesehatan. Nggak lucu kalau lagi traveling terus jatuh sakit. Sebagus dan semahal apapun objek wisata atau tempat yang kamu datangi, nggak akan ada artinya kalau kamu sakit. Buat kamu yang gampang sakit, bawa obat-obatan pribadi, vitamin, juga hal-hal yang bisa melindungi kamu dari hawa dingin atau teriknya matahari. Hati-hati juga dalam memilih makanan. Meskipun murah, kalau nggak bersih sebaiknya dihindari.
  5. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Artinya, hormati budaya dan masyarakat setempat. Kalaupun ternyata di tempat tersebut ada budaya/adat istiadat yang nggak sesuai dengan agama, kepercayaan, dan keyakinan kamu, sampaikan dengan bijak. Bilang saja terus terang kepada masyarakat setempat, maupun tokoh masyarakat. Sampaikan dengan kata-kata dan intonasi bicara yang sopan. Kalau tidak fasih bahasa daerah, gunakan Bahasa Indonesia (untuk traveling dalam negeri). Jangan coba-coba bicara bahasa daerah kalau kamu nggak ngerti betul susunan tata kramanya. Salah-salah kamu dikira nggak sopan dan menantang mereka.
  6. Kalau traveling di luar negeri, kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris atau pelajari bahasa sederhana yang biasa digunakan (wajib bawa kamus setempat). Kalau masyarakat setempat tidak bisa bahasa Inggris atau tidak mengerti bahasa ejaan kamus yang kamu ucapkan, segera gunakan bahasa isyarat (bahasa tubuh) yang jelas dan disertai senyum. Ingat, senyum adalah bahasa Universal manusia. 
Nah...kira-kira begitu masukan dari saya. Semoga bermanfaat dan selamat traveling. Karena menjadi tua itu pasti, tapi memiliki pengalaman itu pilihan.

Salam,
Arum

No comments:

Post a Comment