Search This Blog

Wednesday, July 24, 2013

Soto dan Sate Banjar



Jangan bilang sudah menapakkan kaki ke Kalimantan Selatan jika belum menikmati kuliner yang satu ini. Soto Banjar. Menu nusantara persembahan suku Banjar yang berbahan utama ayam dan beraroma memikat indra penciuman anda. Pada saat disajikan, keharuman aneka rempah seperti cengkeh, kapulaga, biji pala, dan kayu manis berbaur dalam kuahnya, menawarkan kelezatan dan citarasa yang sempurna. Suwiran daging ayam dengan ketupat, rebusan telur, dan perkedel kentang membuat lidah tak sabar untuk segera mencicipinya. Tak ketinggalan, potongan jeruk nipis bertengger di atas piring. Siap untuk diperas dan menambah kesegaran rasa Soto.

Soto Banjar, by Purwinda Iriani

Biasanya, penjual Soto Banjar melengkapinya dengan Sate Ayam. Jangan ragukan lagi kelezatannya, karena Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Selain itu, menurut CNN.go, Sate menempati posisi no.14 sebagai makanan terlezat di dunia. Bahkan presiden Amerika Serikat Barack Obama selalu mengingat dan menyukai kuliner yang satu ini.

Sate Banjar

Sahabat pecinta Indonesia tentunya sudah tahu apa itu sate. Ya, sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuki dengan tusukan sate yang terbuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar di atas bara api dari arang kayu. Sate disajikan dengan bumbu bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Namun Sate Banjar yang ditawarkan biasanya berbumbu kacang. Harga yang ditawarkan sangat murah, untuk satu porsi Soto Banjar dibanderol Rp15.000,- dan Sate Banjar Rp10.000,-/10 tusuk. Sangat terjangkau, bukan?


Jadi bagi anda para pencinta kuliner Indonesia, jangan ragu untuk mencoba Soto dan Sate Banjar. Kelezatan sempurna persembahan nusantara tercinta. Dan akan bertambah kesempurnaannya jika dinikmati di tepian sungai Barito sambil menatap perahu yang berlalu lalang.